Visi dan Misi

31 Januari 2017 19:48:35 WIB

Visi dan Misi

Visi Desa Sidomulyo didalam sebuah kalimat akronim:

 ”SIDOMULYO HEBAT”

 Visi tersebut mengandung pengertian bahwa cita-cita yang akan dituju dimasa mendatang oleh segenap warga Desa Sidomulyo. Adapun kepanjangan dan maksud dari akronim tersebut adalah:

SIDOMULYO MEMBANGUN  MASYARAKAT YANG SEHAT CERDAS BERBUDAYA AMAN DAN SEJAHTERA

SIDOMULYO

Dari nama Desa Sidomulyo sendiri mempunyai arti yang bagus yaitu Menjadi Mulia. Makna menjadi mulia bermaksud bahwa Desa dan warga masyarakatnya akan menjadi mulia derajatnya, baik secara moril maupun materiel. Menjadi mulia di mata manusia dan warga masyarakat yang lain maupun di mata Tuhannya. Berarti juga menjadi mulia di Dunia maupun di Akherat. Bagi masyarakat jawa nama juga berarti doa untuk yang mendapatkan nama tersebut.

SEHAT

Mengandung pengertian bahwa Pemerintah Desa Sidomulyo akan mewujudkan masyarakat Sidomulyo yang sehat baik jasmasni dan rohani disetiap komponen masyarakat, baik sumber daya manusia warga masyarakat Sidomulyo maupun sumber  daya manusia penyelenggara pemerintahan di Desa Sidomulyo. Dengan memberdayakan masyarakat untuk memiliki kemauan dan kemampuan hidup sehat yang pada akhirnya akan terwujud masyarakat Sidomulyo yang mandiri untuk hidup sehat dengan lingkungan yang sehat pula.

CERDAS

Mengandung pengertian terwujudnya masyarakat Sidomulyo yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang.

BERBUDAYA

Mewujudkan masyarakat Sidomulyo  yang senantiasa mempertujukan nilai-nilai yang adi luhung dalam sifat, sikap, tindakan dalam aktifitas sehari-hari di semua tempat. Masyarakat Sidomulyo yang menjunjung tinggi kesantunan, kesopanan, nilai-nilaii sosial dan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari, perilaku berbudaya juga ditunjukkan melalui pelestarian tradisi kebudayaan warisan leluhur dengan merevitalisasi maknanya untuk diterapkan dimasa sekarang dan  masa yang akan datang.

AMAN

Situasi Desa Sidomulyo yang aman, merupakan kondisi yang mutlak diperlukan oleh masyarakat. Situasi aman berarti bahwa masyarakat Desa Sidomuyo terbebas dari segala gangguan baik berupa fisik maupun non fisik yang mengancam ketentraman kehidupan dan aktifitas seluruh warga masyarakat. Sehingga situasi masyarakat akan kondusif untuk turut serta mendukung jalannya pembangunan. Untuk menjamin situasi yang aman ini pemerintah Desa Sidomulyo akan mewujudkan ketertiban masyarakat.

SEJAHTERA

Pemerintah Desa Sidomulyo akan memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar pokok warga  masyarakat seperti pangan, papan, sandang, kesehatan, pendidikan dan kesempatan kerja yang didukung oleh infrastruktur fisik sosial budaya dan ekonomi yang memadai. Senantiasa memberi perhatian khusus kepada pengentasan kemiskinan sehingga secara simultan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, serta menjamin adanya iklim berusaha dan berkegiatan yang sehat untuk kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

 

Misi Desa Sidomulyo:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan kualitas sumberdaya manusia perangkat desa Pemerintah Desa.
  2. Mewujudkan pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, transparan dan bertanggugjawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Meningkatkan kualitas hidup rakyat menuju masyarakat Sidomulyo yang sehat, cerdas, aman, berbudaya dan berkepribadian dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menguatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat Sidomulyo, yang didukung semangat kerakyatan, inovatif dan kreatif.
  5. Meningkatkan pembangunan infrastruktur fisik dan sarana prasarana umum secara adil dan merata, serta sesuai dengan aspirasi masyarakat dan kebutuhan riil masyarakat.
  6. Mewujudkan kualitas masyarakat sebagai sumber daya pembangunan yang beriman dan bertaqwa.
  7. Meningkatkan pelayanan kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan
  8. Menjamin dan mendorong usaha-usaha masyarakat untuk terciptanya pembangunan di segala bidang yang berwawasan lingkungan dan kebencanaan.
  9. Pengembangan BUMDesa serta UMKM dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan potensi Desa.

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Kalender

INSTANSI TERKAIT

  1. Puskesmas Bambanglipuro
    • Jl. Samas KM 19,9 Selo Sidomulyo Bambanglipuro Kode Pos 55764 Tlp.(0274)2810186,2810187 Fax.(0274) 2810186
  2. Kecamatan Bambanglipuro
    • Jl. Samas, Bambanglipuro Bantul 55764 Telp. 087839467700 email : kec.bambanglipuro@bantulkab.go.id
  3. Kepolisian Sektor Bambanglipuro
    • Jl. Ganjuran No.128 Bambanglipuro Bantul Telp. (0274) 766075
  4. Koramil / Komando Rayon Militer Bambanglipuro
    • Jl. Samas, Bambanglipuro Bantul 55764
  5. KUA / Kantor Urusan Agama Bambanglipuro
    • Ganjuran, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul Telp. (0274) 368071